085794411775
085794411775
2BB5037A
Toko Jamu
Menu

Faktor Penyebab Ketombe dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Saturday, September 6th 2014.

hilangkan ketombe secara-alamiTahukah Anda masalah rambut yang paling menjengkelkan itu apa? Ya, ketombe. Ketombe merupakan pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Jika sudah berketombe, maka rambut akan terasa sangat gatal sehingga membuat jengkel sekali. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami? Oke, karena masalah ini cukup serius jika tidak diatasi maka kami akan memberikan tipsnya untuk Anda semua. Karena setiap orang pasti menginginkan rambutnya sehat, berkilau, indah dan bebas dari ketombe. Cara alami disini sangat mudah, selain Anda tidak usah pergi berlama-lama ke salon juga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan atau membeli produk anti ketombe.

Ada beberapa faktor penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui, seperti berikut ini:

  1. Timbulnya alergi

Ketombe bisa diakibatkan dari reaksi terhadap produk perawatan rambut, sehingga muncul ruam yang menimbulkan gatal-gatal dan kulit kepala menjadi pecah-pecah. Alergi, juga bisa disebabkan ketika Anda tidak mencuci maupun membilas rambut dengan bersih setelah melakukan produk perawatan rambut seperti shampoo, kondisioner dan lain sebagainya. Alergi ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit kepala yang sensitif sehingga rentan terhadap berbagai perlakuan perawatan rambut.

  1. Adanya penyakit lain

Ketombe bisa disebabkan akibat penyakit kulit, seperti psoriasis atau penyakit yang menyebabkan kulit bersisik. Gejala penyakit kulit ini bisa saja menyerang kulit kepala hingga akhirnya muncullah ketombe.

  1. Meningkatnya jamur di kulit kepala

Sebenarnya, setiap orang memiliki jamur pada kulit kepala yang diberi nama Malassezia. Nah, jamur ini berperan dalam mencerna kandungan minyak di kulit kepala. Namun, peningkatan kadar jamur di kulit kepala inilah yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit sehingga terbentuk ketombe.

  1. Kulit kepala terlalu berminyak

Kulit kepala yang memiliki kadar minyak berlebih bisa menjadi faktor penting terjadinya ketombe. Hal ini dikarenakan minyak berlebih di kulit kepala akan mengikat sel-sel kulit sehingga menjadi serpihan putih yang menebal yang disebut ketombe.

  1. Faktor psikis

Faktor psikis ini bukan faktor utama penyebab ketombe, melainkan ini bisa terjadi sebagai faktor pendukung terjadinya ketombe. Hal ini dikarenakan, ketika seseorang mengalami stress yang tinggi, maka akan mempengaruhi fungsi normal seluruh tubuh termasuk kulit kepala.

Nah, karena faktor tersebut tidak dapat kita pungkiri dan hindari sehingga munculnya ketombe pun tidak bisa kita hindari. Oleh karena itu, sebaiknya kita ikuti cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini:

  • Ramuan 1

Ramuan yang pertama terdiri dari bahan-bahan 100 ml air perasan jeruk nipis, nanas secukupnya dan 100 ml santan. Adapun caranya adalah dengan mencampur ketiga bahan tersebut lalu terapkan untuk membasuh rambut sambil dipijat secara perlahan dan merata hingga kulit kepala. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

  • Ramuan 2

Ramuan yang kedua cukup mudah, karena Anda cukup menyediakan bahan-bahan segelas air dan beberapa lembar daun pandan. Caranya, tumbuk daun pandan yang sudah disediakan sampai halus lalu ambil sarinya. Setelah itu, campur daun pandan yang sudah ditumbuk tadi dengan segelas air. Lalu, oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Ramuan 3

Ramuan ketiga ini cukup dengan menggunakan jus apel. Sediakan sebanyak 3 buah apel berukuran sedang untuk dijadikan jus dan dicampur dengan segelas air hangat, lalu blender. Setelah itu, oleskan jus tersebut secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin minimal 2 kali seminggu.

Demikianlah cara menghilangkan ketombe secara alami dengan mudah untuk Anda semua. Semoga bermanfaat!

cara pesan di pusatjamu

Produk terbaru